Kamis, 09 Januari 2014

Membuat siswa-siswa "Kepo" terhadap materi belajar

kepo adalah istilah yang sedang booming sekarang yang berasal dari bahasa inggris yaitu knowing everything for particular object, suatu sikap seseorang yang sangat ingin tahu hal terkecil dari sebuah objek, biasanya ini dikonotasikan negatif sebagai seorang yang selalu ingin tahu urusan orang lain.
namun dalam dunia belajar, sikap kepo ini bisa di kembangkan pada keingintahuan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, jika hal ini berhasil dilakukan siswa-siswa niscaya akan bersemangat untuk mengetahui banyak hal tentang apa yang akan dipelajari selanjutnya.
ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan sikap kepo ini dalam dunia belajar antara lain :
a. pastikan guru faham betul materi yang akan disampaikan, berikut metode dan media apa yang akan digunakan.
b. pada saat memulai proses belajar dikelas pastikan siswa dalam kondisi nyaman dan tidak dalam kondisi tertekan, dibeberapa kasus yang ditemui ada guru yang ketika masuk sudah pasang wajah serius dan marah-marah, apalagi melihat ada sesuatu yang tidak berkenan bagi guru tersebut misalnya kelas kotor. jika mengalami kondisi tersebut, guru hendaknya menguasai diri dan tetap dalam kondisi relax, disela2 melakukan appersepsi, selipkan jokes segar agar siswa lebih tenang dan nyaman serta siap menerima pelajaran.
c. memasuki materi, kebetulan mata pelajaran yang saya ampu adalah IPS, jadi buatlah cerita yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan, biarkan cerita itu menggantung tidak sampai tuntas dan siswa sendiri yang berusaha menuntaskannya, contoh pada materi perubahan sosial budaya, buatlah cerita tentang perubahan yang terjadi dari masa kemasa, buat alur cerita yang menarik (keterampilan bercerita diuji), dan biarkan menggantung tanpa penyelesaian.
d. suruh siswa membuat lanjutan cerita yang berkenaan dengan materi perubahan sosial budaya, biarkan mereka membuat klimaks masalah dan langkah penyelesaian (integrasi dengan materi bahasa indonesia).
e. siswa membuat kesimpulan akhir dari materi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  MODUL AJAR MANUSIA, RUANG DAN LINGKUNGAN     I.           IDENTITAS MODUL                                                 ...