Rabu, 21 Agustus 2024

 

MODUL AJAR BERBASIS KASIH SAYANG

 

PENYUSUN                          : Suhermi Widiastuti, M.Pd.

INSTITUSI                            : SMA Negeri 9 Bekasi

TAHUN PELAJARAN        : 2024 / 2025

JENJANG                             :  SMA

KELAS                                  :  X (SEPULUH)

ALOKASI WAKTU             : 18 JP

 

Fase : E

Domain CP : Konsep Dasar Geografi

Tujuan Pembelajaran :

10.1.1  Peserta didik mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan konsep geografi

10.1.2 Peserta didik mampu menganalisis fenomena geosfer dengan konsep dasar geografi

10.1.3 Peserta didik mampu Menerapkan konsep dasar geografi dalam kehidupan sehari-hari dengan konsep kasih sayang

 

Kata Kunci :

     Geosfer

     Ruang

     Wilayah

     Lingkungan

     Interaksi

Pertanyaan Inti :

   Bagaimana perkembangan ilmu geografi mulai dari masa ke masa ?
Apa yang menjadi ruang lingkup kajian ilmu geografi ?

   Bagaimana keterkaitan ilmu geografi dengan ilmu yang lainnya ?
Bagaimana konsep dasar geografi di dalam kehidupan sehari hari ?

   Bagaimana pendekatan geografi dapat digunakan untuk memahami masalah atau gejala di permukaan bumi ?

Pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki siswa :

10.1.1  Peserta didik mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan konsep geografi

             1. Kemampuan untuk memahami persamaan dan perbedaan fenomena disekitar melalui pengamatan

             2. Kemampuan memahami sejarah perkembangan ilmu geografi

             3. Kemampuan menjelaskan ruang lingkup kajian ilmu geografi

10.1.2 Peserta didik mampu menganalisis fenomena geosfer dengan konsep dasar geografi

            1. Kemampuan untuk memahami keterkaitan ilmu geografi dengan ilmu yang lainnya

            2. Kemampuan menganalisis berbagai gejala dan permasalahan yang ada di geosfer

            3. Kemampuan mendeskripsikan konsep dasar geografi

10.1.3 Peserta didik mampu menerapkan konsep dasar geografi dalam kehidupan

            1. Kemampuan untuk mengkaji fenomena atau gejala di geosfer dengan menggunakan pendekatan geografi

            2. Kemampuan menganalisis karakteristik dan keterkaitan fenomena yang ada di geosfer dengan menggunakan prinsip geografi

            3. Kemampuan menelaah berbagai dampak negatif dan positif interaksi anatara manusia dengan lingkungan dan menuangkannya dalam sebuah tulisan

Profil Pelajar Pancasila :

   Pelajar menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (berempati pada orang lain)

   mandiri (memiliki insiatif dan bekerja secara mandiri dalam melaksanakan keterampilan proses,
percaya diri, mengembangkan kendali dan disiplin diri)Gotong Royong

   Bernalar kritis ( mampu memproses informasi dan gagasan, melakukan evaluasi terhadap
prosedur yang dilakukan, mengevaluasi dan merefleksi pemikiran)Kreatif

   kreatif ( menghasilkan karya atau gagasan atau tindakan yang orisinil )

   bergotong-royong (berkolaborasi dalam menyelesaikan projek sederhana, melakukan
komunikasi untuk mencapai tujuan bersama)

Sarana dan Prasarana

   Komputer/Laptop

   Lcd projector

   Jaringan internet

   Gambar terkait dengan materi

Materi Ajar, Alat dan Bahan

     Materi ajar

Materi yang ada dalam Buku Erlangga

     Alat dan Bahan

      Laptop/ komputer yang akan digunakan menyusun makalah dan sarana presentasi

      Projector yang digunakan untuk melakukan presentasi/kolaborasi di ruang kelas

      Fasilitas internet jika kegiatan pembelajaran dibutuhkan browsing informasi

Asesmen

      Asesmen Individu (Esai, Pilihan Ganda)

      Asesmen Kelompok (Diskusi, Presentasi, Menyusun Makalah)

 

PERTEMUAN 1 ( Perkembangan ilmu Geografi dan ruang lingkup objek kajian Geografi )

A.    Kegiatan Pendahuluan

      Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa bersama dengan menunjuk salah atu siswa untuk memimpin berdoa sebagai perwujudan rasa syukur untuk menumbuhkan karakter sesuai profil pelajar Pancasila sebagai siswa yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Y.M.E.

      Guru memperhatikan kesiapan psikis dan fisik siswa untuk mengikuti proses kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan kebersihan, kerapihan, ketertiban dan kehadiran siswa dan dilakukan dengan penuh kasih sayang

      Guru memberikan motivasi untuk mengkondisikan suasana belajar yang kondusif dengan
memberikan stimulus berupa pertanyaan yang dapat merangsang keaktifan siswa, misalnya “Apakah dulu waktu di SMP kalian belajar geografi ? apa yang kalian pelajari di mata pelajaran  geografi tersebut ?”

      Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan yang diawali dengan memperlihatkan beberapa gambar terkait gejala atau fenomena geografi di lingkungan sekitar ( Buku Erlangga halaman 2-4)

      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai serta garis besar materi yang akan
dibahas pada pertemuan yang sedang berlangsung

      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran

 

B.     Kegiatan Inti

      Guru memberikan stimulus dengan menampilkan materi perkembangan ilmu geografi baik melalui tayangan video atau artikel dengan penuh kasih sayang/

      Setelah siswa menyimak video atau artikel yang diberikan,  guru mengajukan pertanyaan pemantik untuk menarik perhatian dan keaktifan siswa

      Guru memperhatikan semua keaktifan siswa, jika Untuk peserta didik berkebutuhan khusus disesuaikan dengan jenis kekurangannya dan level pertanyaan disesuaikan pula untuk melatih kemandirian dan bernalar kritis

      Guru membentuk kelas menjadi 5 kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari siswa yang memiliki kemampuan berbeda-beda, sehingga diharapkan tutor sebaya dapat memaksimalkan proses pembelajaran berjalan baik. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mengkaji fenomena atau gejala yang ada di di geosfer yaitu atmosfer, litosfer, hidrosfer, antroposfer, dan biosfer. Selama beberapa puluh menit kedepan siswa berdiskusi dengan kelompoknya, kemudian mempresentasikan

      Selama proses tanya jawab, diskusi, dan presentasi guru melakukan
pengamatan dan penilaian sesuai rublik pengamatan/penilaian yang telah dibuat.

 

  1. Kegiatan Penutup

      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat menarik  kesimpulan/generalisasi atas seluruh pembelajaran yang telah dilakukan hari ini dan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran, kemudian guru melanjutkan dengan memberikan penguatan dalam kesimpulan tersebut.

      Guru menyampaikan kepada siswa untuk dapat membaca terlebih dahulu materi selanjutnya untuk di bahas pada pertemuan selanjutnya

      Penutu (Doa)

 

REFLEKSI KEGIATAN PEMBELAJARAN (PERTEMUAN 1)

Tanpa kita sadari pengetahuan tentang ilmu geografi sebenarnya telah kita miliki, yaitu dengan kita mengenal lingkungan sekitar kita. Misalnya saat kita berkunjung ke wilayah pegunungan atau dataran tinggi, kita akan menggunakan pakaian yang tebal. Atau ketika kita akan pergi ke suatu wilayah yang belum pernah kita kunjungi pasti kita akan menggunakan denah atau peta untuk mempermudah perjalanan kita. Seiring dengan perkembangan imu pengetahuan, Geografi menjadi salah satu ilmu yang mengkaji hubungan  antar gejala dan mempelajari persamaan dan perbedaan dari gela-gejala tersebut. Refleksikan pemahaman kalian dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut .

1.    Geografi adalah ilmu yang lekat dengan lingkungan sekitar. Bagaimana menurut kalian? Coba jelaskan ?

2.    Geografi dulu dianggap sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi saja, seiring perkembangan jaman ilmu Geografi sekarang mempelajari lingkup yang kompleks, jelaskan oleh kalian terkait hal tersebut ?

3.    Geografi dinggap sebagai induk semua ilmu pengetahuan, Jelaskan pendapat kalian mengenai hal tersebut !

 

 

 

Bekasi,  20 Agustus 2024

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 9 Bekasi

 

Guru Mapel

 

 

 

 

 

Riagung Prastyo, S.Si., M.Pd.

 

 

 

 

 

Suhermi Widiastuti, M.Pd.

NIP.

NIP.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  MODUL AJAR MANUSIA, RUANG DAN LINGKUNGAN     I.           IDENTITAS MODUL                                                 ...