MODUL AJAR BERBASIS KASIH SAYANG
PENYUSUN : Suhermi Widiastuti, M.Pd.
INSTITUSI : SMA Negeri 9 Bekasi
TAHUN PELAJARAN : 2024 / 2025
JENJANG : SMA
KELAS : X (SEPULUH)
ALOKASI WAKTU : 18 JP
Fase : E |
Domain CP : Konsep Dasar Geografi |
Tujuan Pembelajaran : 10.1.1 Peserta didik mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan konsep geografi 10.1.2 Peserta didik mampu menganalisis fenomena geosfer dengan konsep dasar geografi 10.1.3 Peserta didik mampu Menerapkan konsep dasar geografi dalam kehidupan sehari-hari dengan konsep kasih sayang
|
Kata Kunci : ✔ Geosfer ✔ Ruang ✔ Wilayah ✔ Lingkungan ✔ Interaksi |
Pertanyaan Inti : ✔
Bagaimana perkembangan ilmu geografi mulai
dari masa ke masa ? ✔
Bagaimana keterkaitan ilmu geografi dengan
ilmu yang lainnya ? ✔ Bagaimana pendekatan geografi dapat digunakan untuk memahami masalah atau gejala di permukaan bumi ? |
Pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki siswa : 10.1.1 Peserta didik mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan konsep geografi 1. Kemampuan untuk memahami persamaan dan perbedaan fenomena disekitar melalui pengamatan 2. Kemampuan memahami sejarah perkembangan ilmu geografi 3. Kemampuan menjelaskan ruang lingkup kajian ilmu geografi 10.1.2 Peserta didik mampu menganalisis fenomena geosfer dengan konsep dasar geografi 1. Kemampuan untuk memahami keterkaitan ilmu geografi dengan ilmu yang lainnya 2. Kemampuan menganalisis berbagai gejala dan permasalahan yang ada di geosfer 3. Kemampuan mendeskripsikan konsep dasar geografi 10.1.3 Peserta didik mampu menerapkan konsep dasar geografi dalam kehidupan 1. Kemampuan untuk mengkaji fenomena atau gejala di geosfer dengan menggunakan pendekatan geografi 2. Kemampuan menganalisis karakteristik dan keterkaitan fenomena yang ada di geosfer dengan menggunakan prinsip geografi 3. Kemampuan menelaah berbagai dampak negatif dan positif interaksi anatara manusia dengan lingkungan dan menuangkannya dalam sebuah tulisan |
Profil Pelajar Pancasila : ● Pelajar menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (berempati pada orang lain) ●
mandiri (memiliki insiatif dan bekerja secara
mandiri dalam melaksanakan keterampilan proses, ●
Bernalar kritis ( mampu memproses informasi
dan gagasan, melakukan evaluasi terhadap ● kreatif ( menghasilkan karya atau gagasan atau tindakan yang orisinil ) ●
bergotong-royong (berkolaborasi dalam
menyelesaikan projek sederhana, melakukan |
Sarana dan Prasarana ● Komputer/Laptop ● Lcd projector ● Jaringan internet ● Gambar terkait dengan materi |
Materi Ajar, Alat dan Bahan ● Materi ajar Materi yang ada dalam Buku Erlangga ● Alat dan Bahan ✔ Laptop/ komputer yang akan digunakan menyusun makalah dan sarana presentasi ✔ Projector yang digunakan untuk melakukan presentasi/kolaborasi di ruang kelas ✔ Fasilitas internet jika kegiatan pembelajaran dibutuhkan browsing informasi |
Asesmen ✔ Asesmen Individu (Esai, Pilihan Ganda) ✔ Asesmen Kelompok (Diskusi, Presentasi, Menyusun Makalah) |
PERTEMUAN 1 ( Perkembangan ilmu Geografi dan ruang lingkup objek kajian Geografi )
A. Kegiatan Pendahuluan
✔
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa bersama
dengan menunjuk salah atu siswa untuk memimpin berdoa sebagai perwujudan rasa
syukur untuk menumbuhkan karakter sesuai profil pelajar Pancasila sebagai siswa
yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Y.M.E.
✔ Guru memperhatikan kesiapan psikis dan fisik siswa untuk mengikuti proses kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan kebersihan, kerapihan, ketertiban dan kehadiran siswa dan dilakukan dengan penuh kasih sayang
✔
Guru memberikan motivasi untuk mengkondisikan suasana belajar yang
kondusif dengan
memberikan stimulus berupa pertanyaan yang dapat merangsang keaktifan siswa,
misalnya “Apakah dulu waktu di SMP kalian belajar geografi ? apa yang kalian
pelajari di mata pelajaran geografi
tersebut ?”
✔ Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan yang diawali dengan memperlihatkan beberapa gambar terkait gejala atau fenomena geografi di lingkungan sekitar ( Buku Erlangga halaman 2-4)
✔
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai serta
garis besar materi yang akan
dibahas pada pertemuan yang sedang berlangsung
✔ Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti
✔ Guru memberikan stimulus dengan menampilkan materi perkembangan ilmu geografi baik melalui tayangan video atau artikel dengan penuh kasih sayang/
✔ Setelah siswa menyimak video atau artikel yang diberikan, guru mengajukan pertanyaan pemantik untuk menarik perhatian dan keaktifan siswa
✔ Guru memperhatikan semua keaktifan siswa, jika Untuk peserta didik berkebutuhan khusus disesuaikan dengan jenis kekurangannya dan level pertanyaan disesuaikan pula untuk melatih kemandirian dan bernalar kritis
✔ Guru membentuk kelas menjadi 5 kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari siswa yang memiliki kemampuan berbeda-beda, sehingga diharapkan tutor sebaya dapat memaksimalkan proses pembelajaran berjalan baik. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mengkaji fenomena atau gejala yang ada di di geosfer yaitu atmosfer, litosfer, hidrosfer, antroposfer, dan biosfer. Selama beberapa puluh menit kedepan siswa berdiskusi dengan kelompoknya, kemudian mempresentasikan
✔
Selama proses tanya jawab, diskusi, dan presentasi guru melakukan
pengamatan dan penilaian sesuai rublik pengamatan/penilaian yang telah dibuat.
- Kegiatan Penutup
✔ Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat menarik kesimpulan/generalisasi atas seluruh pembelajaran yang telah dilakukan hari ini dan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran, kemudian guru melanjutkan dengan memberikan penguatan dalam kesimpulan tersebut.
✔ Guru menyampaikan kepada siswa untuk dapat membaca terlebih dahulu materi selanjutnya untuk di bahas pada pertemuan selanjutnya
✔ Penutu (Doa)
REFLEKSI KEGIATAN PEMBELAJARAN (PERTEMUAN 1)
Tanpa kita sadari pengetahuan tentang ilmu geografi sebenarnya telah kita miliki, yaitu dengan kita mengenal lingkungan sekitar kita. Misalnya saat kita berkunjung ke wilayah pegunungan atau dataran tinggi, kita akan menggunakan pakaian yang tebal. Atau ketika kita akan pergi ke suatu wilayah yang belum pernah kita kunjungi pasti kita akan menggunakan denah atau peta untuk mempermudah perjalanan kita. Seiring dengan perkembangan imu pengetahuan, Geografi menjadi salah satu ilmu yang mengkaji hubungan antar gejala dan mempelajari persamaan dan perbedaan dari gela-gejala tersebut. Refleksikan pemahaman kalian dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut .
1. Geografi adalah ilmu yang lekat dengan lingkungan sekitar. Bagaimana menurut kalian? Coba jelaskan ?
2. Geografi dulu dianggap sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi saja, seiring perkembangan jaman ilmu Geografi sekarang mempelajari lingkup yang kompleks, jelaskan oleh kalian terkait hal tersebut ?
3. Geografi dinggap sebagai induk semua ilmu pengetahuan, Jelaskan pendapat kalian mengenai hal tersebut !
|
Bekasi, 20 Agustus 2024 |
Guru Mapel |
|
Riagung Prastyo, S.Si., M.Pd. |
Suhermi Widiastuti, M.Pd. |
NIP. |
NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar