MODUL AJAR
MANUSIA, RUANG DAN LINGKUNGAN
I. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Suhermi Widiastuti, M.Pd
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 9 Bekasi
Fase / Kelas : E - X (Sepuluh)
Mata Pelajaran : IPS (Geografi) Prediksi Alokasi Waktu : 2 JP (45 x2) Tahun Penyusunan : 2024
II. KOMPETENSI AWAL
Pada bagian ini kalian akan belajar perkembangan ilmu geografi secara singkat, pendekatan geografi, obyek geografi, konsep dan prinsip geografi, peta, penginderaan jauh, Sistem Informasi Geografis (SIG), melakukan penelitian geografi, serta fenomena geosfer. Interaksi antarsfera dan manusia menjadi fokus kajian di bagian ini. Termasuk manfaat peta, penginderaan jauh, dan SIG bagi interaksi manusia dan sfera.
III. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman, bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, berkebhinekaan global
IV. SARANA DAN PRASARANA
1. Gawai 4. Buku Teks
2. Handout materi 5. Papan tulis/White Board
3. Akses Internet 6. Referensi lain yang mendukung
V. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
VI. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning
(PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).
KOMPONEN INTI
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Mengetahui sejumlah konsep geografi.
· Menjelaskan manfaat belajar geografi.
· Menggunakan konsep yang dipelajari sebagai salah satu cara melakukan pengamatan dan mengenali beberapa fenomena geosfer.
· Mengumpulkan beberapa contoh fenomena geosfer dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan materi yang telah dipelajari.
· Menyimpulkan hasil pengamatan mengenai beberapa masalah dari fenomena geosfer dan memecahkan masalah tersebut.
· Menyusun berbagai bentuk laporan penugasan berdasar materi yang telah dipelajari..
II. PEMAHAMAN BERMAKNA
· Peserta didik mampu mengidentifikasi, memahami, dan mampu membuat pertanyan tentang karakteristik wilayah Indonesia secara fisik/sosial dan manfaatnya bagi kehidupan manusia; mengidentifikasi dan mendeskripsikan serta mampu mencari/mengolah informasi tentang keberagaman wilayah secara fisik dan sosial;
· Peserta didik mampu membuat dan memanfaatkan peta serta memaparkannya fenomena alam dan sosial; mendeskripsikan wilayah berdasarkan ilmu pengetahuan dasar geografi, karakter fisik dan sosial wilayah (lokasi, keunikan, distribusi, persamaan dan perbedaan, dan lain-lain) dan pemanfaatan sumberdaya bagi penduduk dengan memanfaatkan peta, data, tabel dan lainnya, serta pemanfataan teknologi SIG; mampu menganalisis dan mengembangkan ide/solusi tentang keberagaman fisik dan sosial terhadap keberagaman wilayah secara fisik dan sosial.
· Peserta didik mampu menganalisis dan memublikasikan keunggulan keberagaman wilayah secara fisik dan sosial wilayah Indonesia dibandingkan wilayah sekitar berdasarkan peta dan ilmu pengetahuan geografi.
III. PERTANYAAN PEMANTIK
· Bagaimana interaksi antarsfera memengaruhi manusia?
· Bagimana manusia mengelola ruang sehingga memengaruhi atmosfera yang lain?
· Bagaimana ilmu geografi dapat membantu manusia mengatasi masalahnya?
IV.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
· Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
· Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila;
Kegiatan Inti (90 Menit)
· Guru menjelaskan tentang ilmu geografi secara singkat mengenai perkembangannya sebagai ilmu dan topik-topik yang dipelajari dalam geografi.
· Guru menanyakan kepada peserta didik tentang letak geografis suatu daerah (ruang lingkup menyesuaikan lokal atau nasional).
Contoh Kontrak Belajar
Selama pembelajaran saya berkomitmen untuk:
- Mengikuti proses belajar dengan baik dan mengikuti tata tertib sesuai dengan aturan sekolah.
- Mengerjakan tugas dengan usaha terbaik dan jujur.
- Mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
- Mendengarkan penjelasan guru dan presentasi teman dengan baik.
- Menghormati perbedaan pendapat.
- Menjaga kebersihan kelas.
- Mengangkat tangan apabila hendak bertanya dan ke toilet.
- Siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan teman apabila terdapat tugas kelompok.
- Hadir tepat waktu.
Catatan:
· Guru dapat mengembangkan isi kontrak belajar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik dan sekolah.
· Guru mendorong peserta didik meredefinisi tentang geografi sesuai dengan bahasa peserta didik. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman peserta didik tentang konsep geografi (memahami pengetahuan awal/prerequisite knowledge).
· Guru memandu peserta didik menuliskan atau menyampaikan pendapat mereka tentang geografi dan upaya manusia untuk memahami dan mengelola ruang hidupnya. Tahap ini penting untuk memahami miskonsepsi tentang pemahaman peserta didik akan geografi.
· Guru memandu peserta didik bahwa belajar geografi sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan aktual.
· Guru menjelaskan tentang materi geografi yang hendak dipelajari selama beberapa bulan ke depan
· Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
Kegiatan Penutup (10 MENIT)
· Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
· Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
· Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
· Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.
V. ASESMEN PENILAIAN
Penilaian dilakukan untuk mengevaluasi ketercapaian belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Selain itu, penilaian merupakan pengukuran ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan CP. Aspek yang dinilai adalah aspek pengetahuan (konten), keterampilan (inkuiri, penelitian, memecahkan masalah) dan sikap berdasarkan enam Profil Pelajar Pancasila.
· Aspek pengetahuan yang dinilai misalnya pemahaman mengenai materi dan kemampuan mengasosiasikan materi dengan berbagai kasus.
· Aspek keterampilan yang dinilai misalnya keterampilan menerapkan langkah-langkah inkuiri selama proses penbelajaran dan keterampilan melakukan penelitian secara sederhana untuk menjelaskan berbagai fenomena geosfer.
· Aspek sikap yang dinilai misalnya, meliputi, kejujuran, daya juang (ketahanan, ketekunan), integritas dan kerjasama selama proses pembelajaran.
Aspek-aspek inilah yang hendak dinilai dan diwujudkan dalam lembar penilaian dalam tabel berikut ini.
Aspek |
Keterangan |
Skor |
Sikap |
Sejauh mana peserta didik telah melakukan dan menunjukkan sikap-sikap yang diharapkan mulai dari tidak/belum menunjukkan, kurang menunjukkan, cukup menunjukkan, selalu menunjukkan, sering menunjukkan. |
0-10 |
Pengetahuan |
Sejauh mana peserta didik telah memahami tentang konsep yang dipelajari. Intervalnya mulai kurang memahami, cukup memahami, peserta didik memahami. Peserta didik sangat memahami/ sangat mampu menjelaskan. |
0-10 |
Keterampilan |
Sejauh mana peserta didik telah menerapkan langkah-langkah keterampilan inkuiri selama proses pembelajaran. Mulai belum menerapkan, kurang menerapkan, cukup menerapkan/mengaplikasikan, dengan baik menerapkan, dengan amat baik dan selalu menerapkan tahapan inkuiri. |
0-10 |
Guru hendaknya mengembangkan interval yang menjadi pembeda/ gradasi dari berbagai aspek yang hendak dinilai berdasarkan konteks keragaman peserta didik. Penilaian dilakukan berdasarkan: pengamatan, dokumentasi, portofolio, dan hasil evaluasi.
VI. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pengayaan
Pengayaan adalah memberikan kesempatan bagi peserta didik yang membutuhkan untuk menguatkan proses belajar baik dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Mengacu dari Mukhtar dan Rusmini (2005) program pengayaan adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperdalam, memperluas, dan mendukung proses penguatan ketercapaian belajar peserta didik. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru dalam kegiatan pengayaan yaitu:
· Guru memberikan waktu tambahan untuk menyampaikan materi yang dibutuhkan dari materi yang dirasa sulit oleh peserta didik.
· Guru memberikan dukungan melalui akses terhadap buku, atau pun sumber belajar lain. Guru dapat bekerja sama dengan multi pihak seperti orang tua/wali, pustakawan, dan teman sebaya untuk melakukan pengayaan.
· Guru memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan melalui berbagai sumber dan media belajar.
Remedial
Prinsip dari remedial adalah memberikan kesempatan peserta didik memperbaiki proses belajar yang belum tercapai. Mengacu dari Mukhtar dan Rusmini (2005) pembelajaran remedial adalah proses pembelajaran dalam bentuk kegiatan perbaikan yang terencana, sehingga diharapkan dapat membantu ketuntasan belajar peserta didik. Remedial terjadi dikarenakan beberapa faktor yaitu; faktor peserta didik yang terkait dengan kompleksitas masalah maupun kebutuhan peserta didik (terutama untuk peserta didik berkebutuhan khusus), faktor penyampaian materi yang belum optimal maupun faktor daya dukung dari sekolah dan orang tua. Beberapa pendekatan yang dapat dilakukan guru dalam remedial adalah
· Adaptif: menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, misalnya guru menggunakan berbagai media untuk menfasilitasi kebutuhan peserta didik
· Interaktif: guru melibatkan teman sebaya, orang tua, konselor sekolah untuk mendukung peserta didik agar mencapai ketercapaian belajar secara optimal.
· Fleksibel: guru meluangkan waktu secara fleksibel untuk mendukung ketercapaian peserta didik.
VII. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Lembar Refleksi Guru
Aspek |
Refleksi Guru |
Penguasaan Materi |
Apakah say a sudah memahami cukup baik materi dan aktifitas pembelajaran ini? |
Penyampaian Materi |
Apakah materi ini sudah tersampaikan dengan cukup baik kepada peserta didik? |
Umpan balik |
Apakah 100% peserta didik telah mencapai penguasaan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai? |
Lembar Refleksi Peserta Didik
Aspek |
Refleksi Peserta Didik |
Perasaan dalam belajar |
Apa yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran hari ini? |
Makna |
Saya dapat menguasai materi pelajaran pada hari ini : a. Baik b. Cukup c. Kurang |
Keaktifan |
Apakah saya terlibat aktif dalam pembelajaran hari ini? Apakah saya menyumbangkan ide dalam proses pembuatan nfografis? |
Gotong Royong |
Apakah saya dapat bekerjasama dengan teman 1 kelompok? |
Bekasi, 20 Agustus 2024
Mengetahui :
Kepala SMAN 9 Bekasi Guru Mata Pelajaran
Riagung Prastyo, S.Si. M.Pd Suhermi Widiastuti, M.Pd
NIP. NIP.
LAMPIRAN- LAMPIRAN
Lembr Aktivitas
Apa perbedaan cara pandang geografi dengan ilmu lainnya?
Petunjuk kerja:
· Kerjakan tugas secara mandiri.
· Tulis dan sampaikan temuan kalian di kelas.
· Gunakan berbagai sumber untuk mengerjakan tugas.
· Laporan tugas dapat berbagai bentuk dan media, misalnya poster, infografis, dan lain-lain.
Tugas:
· Temukan satu contoh dapat berupa kasus atau pertanyaan dari ketiga perspektif geografi serta kajian dari ilmu pendukung geografi.
· Tuliskan tentang perbedaan cara pandang geografi dengan ilmu lainnya.
· Kalian dapat memilih perbedaannya dengan ilmu pendukung geografi seperti yang telah dijelaskan di atas, misalnya: hidrologi, biologi, oseanografi, geologi dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar